Skip to content

Seratus puisi

Puisi, Kata Mutiara, Kisah Inspiratif, Pantun


NARSISSSS!
Kita pasti sudah nggak asing dgn kata ini. Tapi tahukah darimana kata ini pertama kali berasal?
Asal mula kata narsis nggak bakal bisa dilepaskan dari Legenda Mitologi Yunani ttg NARCISSUS.

NARCISSUS adalah anak Dewa Sungai Chepissuss.Narcissus dikisahkan memiliki wajah yang ganteng dan rupawan. Saking gantengnya banyak cewek antri buat jadi pasangan Narcissus.Tapi semua cewek tersebut ditolak oleh Narcissus. Diantara cwek2 tsb ada seorang cwek bernama Echo yang cinta mati pada Narcissus.Tapi sayang cintanyapun ditolak.Akibatnya,Echo pun menyembunyikan diri dtengah hutan hingga tubuhnya hilang dan hanya tinggal suaranya saja yang terdengar.

Melihat nasib Echo yang dramatis,Dewi Nemesis memberi pelajaran pada Narcissus dengan cara membuatnya jatuh cinta pada dirinya sendiri.Tak lama kemudian Narcisuss pergi berburu. Saat ia merasa haus, ia menuju kesebuah telaga.Ditengah telaga itu dia melihat bayangannya sendiri dipermukaan air. Seketika itu juga dia jatuh cinta pada bayangannnya sendiri.Narcisuss sampai terbengong bengong mengamati bayangannya sendiri.Bahkan saking kagumnya dia engggan menyentuh air tsb karena takut bayangannya akan menghilang. Dan akhirnyapun Narcissus mati kehausan.

Narcissuss mungkin cuma sekedar legenda tapi penyakit cinta diri sendiri secara berlabihan (narsiss) sama sekali bukan legenda. Gangguan kepribadian narsisstik adalah gangguan mental yang menyebabkan seseorang merasa dirinya sebagai orang paling OKE sedunia.Dan akhirnya dia cenderung merasa sebagai orang terpenting didunia. Orang dengan Narsisstic Personality Disorder (NPD) cenderung nggak mampu berempati dan nggak bisa menghargai perasaan orang lain. Mereka juga seringkali memanfaatkan orang lain untuk kepentingan pribadi.Dan nggak bisa menunjukkan rasa sayang pada orang lain

Meski sodara dekat Narsiss punya sedikit perbedaan dgan Megalomania. Dua penyakit kepribadian ini sama sama cinta dan menilai diri sendiri secara berlebihan.Bedanya penderita Megalomania membutuhkan pengikut/pengagum alias orang yang mendukung pendapatnya bahwa dialah orang paling OKE sedunia.Sementara penderita Narsiss cukup merasa puas dengan mengagumi diri mereka sendiri tanpa peduli apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya.

Buat teman teman yang memiliki bakat Narsiss Akut sebelum benar benar menjadi penderita NPD dan mesti menghabiskan uang banyak buat konsultasi pada psikologi mending kita cegah dulu yuk dari sekarang.

> Setiap kali kita merasa sudah kebanyakan ngomong segera ganti topik pembicaraan dgn menyerahkan pd teman kita.Dan kali ini kita yang mjd pendengar mereka

> Pas ngobrol sama orang lain pandang mereka. Jangan malah mencari cari cermin atau sejenisnya untuk mncek penampilan kita.

Memandang seseorang menunjukkan bahwa kita peduli pada apa yang mereka katakan dan rasakan

>Kebiasaan menyuruh orla bikin kita makin bossy dan merasa cuma diri kita saja yang paling penting.Lakukan sendiri apa yang mampu kita lakukan

>Saat menerima kritik jangan langsung defensif dan merasa terancam. Jadikan hal tsbt bisa bikin kita menjadi lebih baik.
>Dengarkan pendapat orang lain.

>Puji orang lain saat mereka memang layak mendapatkannya.

dan semoga kita tidak termasuk dalam golongan penderita Narcisstic Personality Disorder yang akut… amiiiiiin🙂

%d bloggers like this: